Soft Launching PKM Tanah Abang ke JPM

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) bersama Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Provinsi DKI Jakarta, PD Pembangunan Sarana Jaya, dan PD Pasar Jaya menggelar Soft Launching penempatan Pedagang Kecil Mandiri (PKM) ke Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang, di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (15/10).  

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Jakpus, Bayu Menghantara memberikan sosialisasi pada para PKM sekaligus memberikan no kios pada100 pedagang pertama, dari total 446 pedagang yang akan ditempatkan di kios JPM. 

"Alhamdulillah, 100 kios sudah jadi. Kita akan bagi penempatannya secara bertahap hingga 446 kios," ujarnya. 

Sebelumnya, Pemkot Jakpus bersama Dinas KUKMP telah melaksanakan pengundian kios bagi pedagang kawasan Jatibaru selama tiga hari. Dimulai pada Kamis, 11 Oktober 2018 sampai dengan Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 650 pedagang yang diundi tersebut terdiri dari:Pedagang Jl. Jatibaru Raya (tenda) = 372 orang, Pedagang Jl. Jatibaru Raya (trotoar) = 165 orang, Pedagang Jl. Jatibaru Bengkel (di trotoar/depan pintu keluar Stasiun Tanah Abang Baru) = 113 orang. 

"Dari 650 pedagang yang diundi, 446 akan kita tempatkan di JPM. Sisanya, sebanyak 204 pedagang akan ditempatkan di Blok F Pasar Tanah Abang," jelasnya 

Nantinya, lanjut Bayu, usai seluruh PKM dipindahkan ke JPM dan Blok F, Jalan Jatibaru Raya akan kembali dibuka setelah bagian bawah JPM telah steril dari seluruh bahan bangunan, sehingga aman dilalui kendaraan.  

JPM Tanah Abang sendiri merupakan jembatan penghubung Stasiun Tanah Abang hingga ke Blok G dan menjadi jembatan antarmoda yang berintegrasi langsung dengan Stasiun Tanah Abang. Selain itu, nantinya, di dekat pintu keluar Stasiun Tanah Abang yang terletak di bawah flyover Jatibaru akan dipasang Ramp (Jembatan Penghubung) untuk memudahkan pejalan kaki pada saat melintasi jembatan penghubung ini.  

JPM Tanah Abang dibangun sepanjang 386,4 meter dengan lebar 12,6 meter. Lokasinya tepat berada di atas Jl. Jati Baru Raya, dari depan pintu stasiun hingga pasar Blok F melewati pasar Blok G.(p/ab)